Ini Dia Cara Cuci AC Sendiri

jasa-service-ac-murah-di-bogorCara cuci AC sendiri dapat dikatakan cukup mudah, Anda memerlukan beberapa peralatan untuk disiapkan terlebih dahulu. Siapkan kemoceng, lap, vacum cleaner atau kuas kecil, cairan pembersih khusus, kaos tangan, dan masker.

Ada beberapa bagian AC yang perlu dibersihkan, antara lain filter AC, casing AC, evaporator, plastik dan kipas indoor. Untuk memastikan cara membersihkan AC yang benar, jangan lupa baca dan pahami buku panduan membersihkan AC yang Anda dapatkan saat pembelian.

Mencuci AC memang lebih baik dilakukan oleh teknisi jasa service AC profesional. Akan tetapi, jika Anda memiliki waktu luang, tidak ada salahnya melakukannya sendiri. Meskipun tidak sampai ke bagian permesinan AC.

Melakukan perawatan dan pembersihan AC secara rutin akan memberikan manfaat bagi Anda, diantaranya AC akan jauh lebih bersih, tetap dingin, serta menghasilkan udara yang sehat. Bayangkan jika AC yang Anda pasang di rumah tak pernah dibersihkan? Maka kondisinya akan sangat kotor dan udaranya pun akan mengganggu kesehatan Anda.

Simak penjelasannya secara lengkap berikut ini.

Cara Cuci AC Sendiri Tanpa Ribet

Anda membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk melakukan pembersihan AC karena ada beberapa komponen yang harus dibersihkan. Cara cuci AC sendiri ini akan menguntungkan Anda. Berikut beberapa tipsnya untuk Anda.

  1. Cuci filter AC terlebih dulu

Pastikan Anda sudah memutus sambungan listrik pada AC Anda. Bukalah filter AC secara perlahan. Jangan lupa pakailah masker dan sarung tangan Anda, karena akan ada banyak debu yang menempel.

Setelah terlepas, Anda dapat langsung mencucinya dengan air dan sabun hingga bersih. Ingat! Jangan menyikat filter AC karena akan menimbulkan goresan. Setelah dicuci, biarkan mengering di bawah sinar matahari.

  1. Bersihkan casing AC

Setelah mencuci filter, bukalah casing AC pelan-pelan. Pastikan tidak ada pengait casing yang patah atau copot. Kemudian, gunakan lap setengah basah untuk membersihkan casing dari debu.

Untuk bersih maksimal, ulangi dengan lap kering agar tidak menyisakan bekas uap air. Biarkan hingga benar-benar kering. Jika Anda tidak ingin repot, tidak perlu mencopot casing AC, biarkan membuka dan bersihkan terlebih dahulu bagian evaporator.

  1. Gunakan kuas untuk membersihkan evaporator

Semprot bagian evaporator dengan cairan cleaner khusus, kemudian gunakan kuas kecil atau sikat. Bersihkan secara perlahan saja, pasang plastik di bawah AC agar air dan kotoran tidak tercecer ke lantai.

Cara cuci AC sendiri ini dilakukan dengan menggunakan cleaner khusus AC, atau apabila Anda tidak memilikinya, campuran air sabun juga tidak masalah. Kemudian lanjutkan membersihkan bagian dalam kipas atau fan indoor.

  1. Membersihkan fan indoor

Fan indoor adalah bagian yang terpenting pada AC. Bagian ini berfungsi untuk menghasilkan angin. Di bagian ini akan terdapat banyak debu, gunakan vacuum cleaner (penyedot debu) untuk membersihkannya.

Atau jika tidak ada, Anda dapat membersihkannya secara manual dengan menggunakan kuas kecil atau kain lap. Ini akan membutuhkan waktu lama karena banyak debu yang menempel.

  1. Pasang kembali casing dan filter AC

Setelah semua dibersihkan, pasanglah kembali casing AC pada posisi yang tepat seperti semula sesuai dengan pengaitnya. Kemudian, pasang filter AC yang telah kering. Kini AC Anda akan kembali dingin dan bersih serta menghasilkan udara yang sehat. Pastikan semua bagian telah kering. Tetaplah berhati-hati.

Demikianlah cara cuci AC sendiri yang dapat Anda lakukan ketika senggang. Anda dapat membersihkan bagian luarnya lebih sering, seperti filter atau casingnya. Karena bagian tersebut sangat mudah kotor terkena debu. Sekian semoga bermanfaat.